Usaha Kreatif Lokal


Tugas  kedua technopreneurship adalah tugas yang mengharuskan saya melakukan observasi dan pencarian informasi. Selain kegiatan kuliah yang semakin padat, kegiatan praktikum, belum lagi tugas-tugas yang menumpuk, saya juga aktif di kegiatan Organisasi. UKM Seni Musik UAD adalah organisasi kemahasiswaan yang saya ikuti, karena saya menyukai kegiatan tersebut. Dilatar belakangi oleh alasan tersebut, maka dari itu saya mengangkat tema musik. Dikegiatan kemahasiswaan yang saya ikuti ada sebuah band yang membuat saya tertarik untuk melakukan pengamatan. Profil band yang saya angkat disini adalah band reguler yang sering manggung di berbagai macam event. Nama band tersebut Jamcoustic yang berdiri pada akhir tahun 2009 dan beralirkan pop jazz.


Band tersebut sering manggung dari cafe ke cafe, hotel, dan wedding, serta event besar, juga event-event kampus. Band ini beranggotakan 3 orang personil tetap (pada saat  tertentu dengan format full band dengan personil additional) yaitu; Doan astrian (bass), Fauzan hanif (vokal), dan Hendry ashari (gitar) yang semuanya ini mahasiswa UAD,  awalnya sekedar iseng-iseng ikut festival akustik yang diselanggarakan oleh PT.Semen Gresik. Dari 300 peserta tersebut ( yang mayoritas mahasiswa ISI Jogja ) lolos terbaik kedua.

Dari situ merekapun berani untuk menata karir menjadi band panggilan. Pada awalnya band ini dibayar hanya 250rb sekali event ( kira-kira durasinya 1-2 jam ), namun seiring berjalannya waktu, band tersebut semakin sering mendapat job dari berbagai macam event organizer seperti event Yamaha, Honda, Swaragama, serta masih banyak yang lain. Sekarang mereka dibayar sekali main per personel 100-200rb. Hendry ashari, salah satu personil band tersebut yang awalnya hanya meminjam gitar, sekarang sudah bisa membeli sebuah gitar akustik seharga 2juta hasil dari manggung."Temen-temen yang punya bakat dibidang musik bisa kok menjadi seperti kita asal sering berlatih dan mencari referensi sebanyak-banyaknya.",ujar mas Hendry.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger
© Grunge Theme Copyright by Rhossy Kawaii (si chubby) | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks